Kata-Kata Motivasi Di Bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan salah satu bulan yang mulia bagi umat muslim. Dimana, segala sesuatu ibadah yang dilakukan di bulan ini pahalanya akan dilipatgandakan oleh Alloh SWT. Hal inilah yang menjadi motivasi mengapa umat Islam saling berlomba-lomba dalam meningkatkan ibadahnya di bulan suci Ramadhan ini. Selain itu, bulan Ramadhan juga mampu mengubah berbagai aspek dalam kehidupan. Nah, supaya lebih bersemangat lagi dalam menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, dalam artikel kali ini akan membahas tentang ucapan Ramadhan yang berupa kata-kata motivasi sebagai berikut ini :


1. “Bulan puasa adalah bulan yang mulia. Pembentuk iman yang bertaqwa. Siapa yang siap berlaga, maka surga akan menyambutnya di alam baka.”
Bulan Ramadhan adalah bulan perlombaan beramal. Siapa saja yang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan pada bulan Ramadhan ini, maka surga akan senantiasa menyambutnya dengan sukacita. Walau bagaimanapun dalam melakukan ibadah di bulan puasa ini tentunya akan banyak godaannya. Namun, jika anda mampu mengatasinya dengan baik, maka godaan tersebut tidak ada artinya sama sekali.

2. “Bulan puasa adalah bulan penuh ampunan, lebih baik daripada seribu bulan.”
Sebagaimana yang diketahui bahwa Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Alloh SWT. Saking mulianya bulan Ramadhan ini hingga diibaratkan sebagai bulan yang lebih baik daripada seribu bulan.  Bayangkan jika anda hidup sampai seribu bulan. Rasanya tidak ada yang usianya hidup sampai seribu bulan. Namun, anda bisa mendapatkan seribu bulan tersebut dalam satu bulan saja, yakni bulan Ramadhan. Jadi, sangatlah rugi bagi orang-orang yang menyia-nyiakan bulan suci Ramadhan ini.

3. “Kunjungan yang paling utama adalah Masjidil Haram dan tempat kembali yang utama adalah surga, semoga Ramadhan dapat mengantarkan keduanya.”
Salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu adalah berkunjung ke Masjidil Haram di Mekah untuk menjalankan ibadah haji. Jadi, Masjidil Haram ini merupakan tempat yang paling utama untuk dikunjungi. Dan tempat kembali yang sangat didamba-dambakan oleh manusia adalah surga. Nah, untuk mendapatkan keduanya anda bisa memulainya dengan rajin beribadah selama bulan suci Ramadhan.

4. “Ketika bulan Ramadhan datang, ada saja suasana yang berubah. Ini bukan soal kebiasaan dan tradisi, namun ini adalah soal kewajiban.”
Dalam hal ini, berbagai macam kebiasaan memang berubah ketika bulan Ramadhan. Mulai dari makan sahur, berbuka bersama, solat tarawih, hingga tadarus al quran. Perubahan ini bukanlah sebuah kebiasaan atau tradisi, namun semata-mata karena kewajiban dalam menjalankan agama. Pada bulan Ramadhan ini, banyak kewajiban yang harus dipenuhi diantaranya berpuasa bagi yang mampu melaksanakannya dan membayar zakat fitrah di akhir bulan Ramadhan. Bukan hanya itu, ada amalan-amalan lainnya seperti solat tarawih dan tadarus al quran bersama sebaiknya dilakukan dengan sepenuh hatu penuh keikhlasan untuk mendapatkan keridhoan Alloh Subhana Wata a’la.

5. “Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahan bulan Ramadhan adalah keampunan, dan penghujung bulan Ramadhan adalah kebebasan dari api neraka.”
Sangatlah indah kata hadits di atas. Dimana, dapat kita simpulkan bahwa setiap detik pada bulan Ramadhan ini penuh dengan keberkahan. Dengan begitu, kesempatan terbesar anda adalah untuk memanfaatkan setiap detik-detik bulan Ramadhan semaksimal mungkin dengan berbagai amal ibadah. Bukan hanya di awal Ramadhan saja yang perlu diperhatikan, namun keselutuhan hari di bulan Ramadhan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.