Ini Tips dari Dokter Spesialis Kulit saat Pandemi Corona


Gerakan #dirumahaja terkadang membuat banyak orang mengabaikan perawatan kulit, terutama wajah. Berkurangnya aktivitas rutin yang menjadikan kondisi kulit wajah jarang bersentuhan sinar matahari, polusi, dan debu terkadang membuat banyak orang lalai membersihkan wajah secara rutin. Karena itu, para dokter spesialis kulit memberikan tips berguna bagi Anda yang ingin merawat kulit wajah saat pandemi corona.

Tips Perawatan Kulit saat Pandemi Corona Menurut Dokter Spesialis Kulit
Bagi Anda yang tidak memungkinkan untuk melakukan perawatan di klinik kulit, tentu masih bisa merawat kulit wajah sendiri di rumah. Nah, atas saran dari dokter kulit, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di bawah ini:

1. Cuci Wajah dengan Teratur
Aktivitas di rumah saja di daerah tropis tentu harus tetap diimbangi dengan cara membersihkan wajah dengan teratur. Bersihkan wajah Anda secara rutin dengan pembersih yang cocok dan sesuai tipe kulit. Pastikan Anda membersihkan kulit wajah pada pagi hari dan malam hari.

2. Hindari Begadang
Aktivitas di rumah saja memang seringkali membuat waktu tidur Anda berubah, dimana sebagian orang justru lebih sering tidur terlalu malam alias begadang. Hal ini tentu saja membuat kulit wajah Anda tidak dapat melakukan proses regenerasi secara optimal. Apalagi dehidrasi bisa membuat kulit wajah berminyak serta membuat wajah Anda kusam. Jadi, sebaiknya hindari begadang dan tidurlah tepat waktu.

3. Tingkatkan Kolagen Kulit
Waktu saat di rumah saja justru sebenarnya dapat dijadikan peluang yang baik agar Anda lebih memperhatikan diri sendiri, yaitu dengan melakukan perawatan wajah. Anda dapat memulainya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino tinggi seperti susu, daging, ikan, dan telur, serta vitamin A dan vitamin C agar kelembaban kulit tetap terjaga sekaligus dapat meningkatkan kolagen pada kulit.

Kolagen ini adalah protein terpenting bagi tubuh. Akan tetapi seiring dengan bertambahnya usia, kolagen yang diproduksi di dalam tubuh semakin menurun. Imbasnya membuat kulit kurang elastis, serta menimbulkan keriput atau garis-garis halus. Tidak hanya bertambahnya usia, beberapa kebiasaan juga bisa mengurangi produksi kolagen, seperti pola tidur tidak teratur, stress dan pola makan.

4. Meningkatkan Elastisitas Kulit
Sekarang ini ada banyak produk kecantikan yang bisa meningkatkan elastisitas pada kulit wajah. Salah satunya ialah lewat penggunaan aloe vera gel. Asam malat dalam lidah buaya dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit lebih terawat.

Nah, itulah beberapa tips yang disampaikan dokter untuk merawat wajah di tengah pandemi ini. Tertarik untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di tengah kondisi pandemi corona saat ini? Anda bisa memilih klinik kulit ERHA yang menyediakan layanan online dengan berkonsultasi bersama dokter spesialis kulit yang sudah pasti ahli kesehatan dan kecantikan kulit. Anda bisa mengunjungi bit.ly/ERHAdirumahaja untuk mencari tahu beberapa layanan lainnya, seperti pembelian produk online, delivery service, drive thru service, home treatment service dan lain-lain.