Optimisme Ekspor Indonesia ke Thailand Dalam Sektor Pertanian

Ekspor Indonesia ke Thailand dalam perkembangannya terjalin cukup baik. Meskipun terkadang Indonesia juga harus bersaing dengan Negara Gajah Putih ini dalam ekspor beberapa komoditi tertentu di pasar internasional Amerika Serikat. Namun, sebagai negara agraris dengan potensi hasil pertanian yang berkualitas, rasanya Indonesia optimis mampu menunjukkan performanya di pasar global.

Komoditi bawang merah hasil pertanian Indonesia ini memberikan peluang cukup besar dalam riwayat ekspornya termasuk ke Thailand. Ketertarikan negara-negara ASEAN juga memberikan sinyal hijau bahwa kualitas komoditi pertanian Indonesia memang mampu bersaing di kelasnya. 

Adapun peningkatan di bidang ekspor produk pertanian juga mendapat perhatian yang cukup dari Kementerian Pertanian (Kementan). Pihaknya mengupayakan dan mendorong ekspor produk pertanian sebanyak-banyaknya. 

Adapun optimisme dan bentuk dukungan pemerintah kepada pengusaha produk holtikultura Indonesia sebagai berikut.

Mempermudah Perizinan Ekspor
Sebagai bentuk semangat dan optimisme dalam potensi ekspor Indonesia ke Thailand pada komoditi bawang merah dan produk holtikultura lainnya, pemerintah menunjukkan perannya. One Single Submission merupakan fasilitas yang diberikan kepada pengusaha produk holtikultura dalam bentuk perizinan ekspor yang dapat dilakukan hanya dalam 3 jam. Kemudahan ini diharapkan memberikan semangat kepada pengusaha menengah di bidang produk pertanian untuk menembus pasar internasional.

Promosi Bawang Merah Jenis Super Philips
Bawang merah jenis Super Philips merupakan salah satu jenis dengan kualitas terbaik. Varietas ini memang menjadi primadona di bidang ekspor produk holtikultura di antara negara-negara anggota ASEAN. 

Bentuknya yang besar dan merah serta rasanya yang tidak terlalu pedas berhasil memberikan cita rasa yang sesuai dengan selera masakan beberapa negara ASEAN. Adapun pemasok utama bawang merah Super Philips ini yaitu daerah Sumbawa dan Bima, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Perluasan Pasar Ekspor
Sebagaimana hasil yang ditunjukkan pada ekspor Indonesia ke Thailand komoditi bawang merah ini berbuah manis, Kementerian Perdagangan optimis memperluas pasar ekspor. Adapun perluasan pasar ekspor dapat ditargetkan pada negara-negara ASEAN terlebih dahulu seperti Filipina, Vietnam dan Malaysia.

Jika Indonesia berhasil menguasai ekspor produk holtikultura ke seluruh negara ASEAN, maka peluang ekspor ke Amerika Serikat hingga negara-negara Eropa tentu terasa lebih mudah.

Diharapkan melalui beberapa program sebagai bentuk dukungan kepada pengusaha holtikultura diatas, potensi ekspor semakin terbuka untuk Indonesia. Pendekatan bilateral dan regulasi tentu akan dimudahkan oleh pihak pemerintah. 

Dengan demikian, para pengusaha komoditi bawang merah dan produk hasil pertanian lainnya dapat lebih fokus pada peningkatan kualitas produk standar pasar global. Jika hal tersebut tercapai, maka persaingan antar pengusaha untuk menembus pasar internasional menjadi semakin ketat dan sehingga dapat mengembangkan peluang lebih dari ekspor Indonesia ke Thailand.